Ketua DPC PJI-DEMOKRASI KAb- Inhil "Apresiasi Kapolda Riau Turun langsung untuk melakukan pemadaman Karhutla di Kota Dumai dan Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau"


BATAMNEWS88 - Wartawan senior kabupaten Indragiri hilir  yang patut kita apresiasi yaitu :  MARBUN Selaku Ketua Aliansi PJI-DEMOKRASI Mengapresiasi Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal lakukan reaksi cepat tanggap turun langsung dalam operasi pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang melanda perbatasan Kota Dumai dan Kabupaten Bengkalis, tepatnya di Tanjung Leban dan Medang Kampai, Bersama juga Gabungan Tim TNI,POlRI, dan BPBD yang terjun langsung untuk Melakukan pemadaman Api, kamis (27/4/2023).


Kurang lebih hampir sekitar 50 hektare hamparan gambut yang terbakar, di mana memicu terjadinya asap dan sulit untuk dipadamkan. Dengan Gerak Cepat yang inisiasi oleh Kapolda Riau situasi terkini di lokasi Karhutla sudah dapat diatasi dan dalam proses pendinginan, 


"Marbun  ketua DPC PJI-DEMOKRASI mengatakan, saya Sebagai Masyarakat Riau dan sebagai ketua perkumpulan wartawan di bawah Naungan PJI-DEMOKRADI, Mengucapkan terimakasih kepada Bapak kapolda Irjen Pol Mohammad Iqbal bukan hanya melakukan monitoring dan perintah saja tetapi Terjun langsung  ikut bersama-sama untuk Memadamkan Api, apa lagi memiliki medan yang cukup berat untuk dilalui, pungkas nya.


Karhutla di sana pertama kali terdeteksi pada Rabu 19 April 2023 lalu. Saat itu pemadaman langsung dilakukan dan Karhutla mereda. "Namun bara memicu api kembali karena angin sangat kencang, tetapi upaya pendinginan terus dilakukan,


Masih marbun, saya Sebagai wartawan dan masyarakat Inhil-Riau, berharap  kepada Stakeholder di tingkat Provinsi  dan Kota,Kabupaten di Provinsi Riau, untuk Mempersiapkan Beberapa Strategi pencegahan dan penanganan karhutla, apa lagi Beberapa Wilayah Di Provinsi Riau mempunyai struktur tanah gambut untuk Luasan lahan gambut di Provinsi Riau mencapai 5,09 juta ha (56,42 % dari luas total lahan gambut di Pulau Sumatera) artinya ini cukup besar yang mesti ekstra ketika terjadi nya karhutla apa lagi ketika terjadi nya musim kemarau, Jelas nya.


Terakhir Meminta kepada Kapolda  untuk memperoses dan menindak tegas Oknum baik secara perseorangan atau perusahaan yang telah melakukan  dengan sengaja pembakaran lahan, yang berakibat cukup fatal tutup nya ketua DPC PJI-DEMOKRASI Kab Inhil ini.

Penerbit Redaksi Batamnews88

(Abdul Hadi/Gus)

Posting Komentar

0 Komentar