Di duga Calo BPJS ketenagakerjaan marak di Kota Batam, Diduga ada Kerja Sama Dengan Oknum BPJS

 


BATAM NEWS88. // Batam - Maraknya promosi penawaran jasa pencairan Jaminan Hari Tua (JHT) di status  jejaring sosial Facebook dan WhatsApp masyarakat kota batam kepulauan riau yang di tawarkan oleh  oknum tertentu sehingga patut di duga adanya permainan oknum dengan orang dalam yang mempermudah pencairan yang dia urus oleh oknum tersebut dan mempersulit masyarakat yang ingin mengurus sendiri.


Penelusuran awak media BATAM NEWS 88 atas kebenaran status yang diunggah oleh para pelaku dengan menjanjikan, anda tidak lengkap persyaratan untuk mencairkan bpjs kami siap membantu Jika dokumen lengkap, proses pencairan paling lama  tujuh hari waktu kerja ujarnya. Hari Rabu, 21/12/2022.


Untuk mengungkapkan kebenaran atas tindakan para calo, awak media mencoba menghubungi beberapa pemilik status dengan tujuan meminta bantuan untuk mencairkan JHT milik salah satu teman yang ingin melakukan klaim jht namun tidak bisa mengurus sendiri dikarenakan sakit.


Sungguh  sangat luar biasa respon dan kinerja yang di berikan oleh calo tersebut yang berinisial Ri ...Na..mampu membuktikan apa yang ia sampaikan kalau dia mampu membantu mencairkan secepatnya asalkan pemohon bisa membayar jasa nya  dengan tarif jasa sebesar 30%  setelah uang masuk kerekening pemohon.


Namun sebelum  awak media membuat kesepakatan dengan calo bpjs atas berinisial Ri...Na...  awak media merespon banyaknya keluhan dari masyarakat yang katanya merasa kesulitan untuk mencairkan bpjs dengan mengikuti sistem manual ataupun onlin melalui situs lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id.


Awak media mendatangi kantor bpjs ketenaga kerjaan yang beralamat di Komplek Bumi Ayu Lestari, Jl. Raja Ali H., Sungai Jodoh, Kec. Batu Ampar, Kota Batam, Kepulauan Riau dengan tujuan untuk membantu mengurus kan bpjs teman, namun sangat mengecewakan dan  membuktikan sendiri kalau apa yang di keluhkan oleh masyarakat memang benar adanya.. lalu awak media mencoba untuk menemui..Pimpin atau perwakilanya di Kantor BPJS...untuk mempertanyakan masalah ini..? dengan memintak izin ke  pihak Ke amanan atau Scuriti.... Tak lama kemudian..Pihak ke amanan hanya  memberikan nomor tlpn aja.. Dengan alasan...penanggup jawab si sini.. Pada Keluar Pak.. Jawab nya..?Aneh tapi Nyata... Tadi ada..orang nya.. Tiba -tiba ..Baru aja keluar Pak. Ungkap nya. 


Sejak diterbitkannya Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker) nomor 2/2022 tentang Tata Cara Dan Persyaratan Pembayaran Manfaat Jaminan Hari Tua (JHT), dengan di iringi maraknya  ke munculan Calo  jasa pencairan bak air mengalir tanpa ada kendala dan hambatan.


Permenaker nomor 2 tahun 2022  yang mengatur regulasi regulasi yang mengamanatkan peserta bisa mencairkan dana JHT full sampai 4 Mei 2022. Jika lewat dari itu, maka peserta harus menunggu waktu pencairan sampai usia 56 tahun.


Dengan adanya bukti pencairan dan bukti pembayaran jasa calo sehingga sangat patut diduga kalau ada oknum yang bekerja di bpjs sudah mengatur dan ikut bekerja sama dengan para calo yang mana informasinya 10% untuk orang dalam dan 20% untuk calo.


Sungguh angka yang fantastis buat para oknum bpjs yang sejatinya melayani masyarakat tersebut tapi di salah gunakan dengan tujuan memperkaya diri pribadi kelompok dan golongan 


Maraknya calo bpjs yang mampu melakukan proses pencairan dengan waktu 5 menit adalah sebuah  ancaman program BPJS  ketenagakerjaan dengan beberapa Bank sebagai user  guna mempermudah pelayanan kepada masyarakat.


Buruknya pelayanan bpjs batam yang terkesan  membiarkan permainan  para calo tersebut tanpa melakukan tindakan  secara internal bpjs dan proses hukum terhadap para pelaku dengan bekerja sama aparat kepolisian agar  tidak ada lagi keluhan di masyarakat.


Saat AWak media melakukan konfirmasi kepada Ri...Na... melalui whatsapp beliau membalas dengan mengatakan salah sambung sementara 

humas BPJS pak Riki mengatakan izin saya koordinasi dulu bidang terkait, untuk pertanyaan bapak nanti saya kabari lagi pak ujar nya 


Sampai berita ini diterbitkan humas kapolresta barelang  belum memberikan tanggapan apa apa atas konfirmasi yang di kirimkan melalui whatsapp beliau bersambung.

 

Redaktur (DEDE).

Posting Komentar

0 Komentar